March 20, 2016

Format Gambar Baru BPG Kualitas Baik


NgeRANGKUM - Sejauh ini, ada puluhan format gambar dengan variasi penggunaan yang berbeda-beda. Untuk media internet sendiri cenderung menggunakan gambar PNG, GIF, dan JPEG. Lain halnya bagi mereka yang gemar membuat desain grafis, cenderung memakai format PNG karena minim gradarasi sehingga jauh lebih tajam.

Perkenalkan, BPG (Better Portable Graphics) sebuah format gambar baru yang diperkenalkan oleh seorang programer Fabrice Bellard pada 2014 lalu. Tujuan utama lahirnya BPG adalah efisiensi kompresi untuk menggantikan JPEG yang ukurannya sangat besar.

Untuk Ukuran foto BPG jauh lebih kecil dibanding JPEG, sehingga sobat bisa menyimpan foto jenis ini pada disk sobat.


Percaya atau tidak, sebuah pengujian fotografi menunjukan bahwa BPG menghasilkan kualitas gambar yang signifikan, jauh lebih baik dibanding JPEG walaupun ukuran filenya lebih kecil.

BPG tampak lebih halus, bandingkan dengan JPEG dengan pixel yang terlihat kasar. Penambahan anti-aliasing pada BPG bekerja dengan sempurna, sisi tepi sangat kontras namun tetap tajam. Detil setiap bagian tertangkap dengan sempurna pada BPG.

Tidak bisa dipungkiri, lewat gambar di atas, kita sudah bisa mengambil kesimpulan yang sama; BPG lebih sempurna daripada JPEG.


BPG mampu menangani efek transparansi, sedangkan JPEG tidak bisa. Sebenarnya GIF juga mampu melakukannya, namun karena format ini memiliki variasi warna yang lebih sedikit maka PNG masih merajai format gambar yang mendukung transparansi. BPG masih terlalu muda untuk setidaknya bisa dikenal dunia.

Beberapa foto yang diambil dari website gizmag.com





SUMBER
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner