March 20, 2016

Situs yang Menyediakan Jurnal Ilmiah Online Gratis


NgeRANGKUM - Perkembangan dunia akademis menuntut setiap mahasiswa, dosen dan peneliti maupun praktisi akademis untuk bersinggungan dengan jurnal dan ebook. Permasalahan yang dihadapi adalah sulitnya mendapatkan jurnal internasional yang tidak berbayar, karena ketika pencarian junal internasional melalui internet, kebanyakan harus membayar untuk download jurnal tersebut. 

Sebenarnya jurnal internasional gratis tersedia cukup banyak untuk di download. Hanya saja memang dalam pencarian melalui Google lebih banyak keluar halaman-halaman Jurnal yang berbayar. Untuk itu disini penulis akan cantumkan beberapa situs penyedia Jurnal Internasional yang tidak berbayar (Open Access Journals).

Berikut beberapa link yang penulis ketahui dan akan selalu penulis update setiap kesempatan, dan mohon apabila ada informasi yang belum penulis masukkan, dengan hormat penulis mohon masukan teman-teman untuk berbagi informasi. 

  • Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas)

Perpustakaan nasional Republik Indonesia (Perpusnas) menyediakan fasilitas akses ke link atau situs penyedia jurnal berbayar yang sudah di sewa oleh perpustakaan nasional.Namun untuk bisa mengakses jurnal-jurnal tersebut harus mendaftarkan diri menjadi anggota Perpusnas. Cara menjadi anggota Perpusnas bisa dilihat disini

  • Directory of Open Access Journals

Directory of Open Acces Journal menyediakan fasilitas pencarian untuk link-link menuju halaman-halaman Jurnal Internasional gratis.Pada hasil pencarian disebutkan nama dan link website, ISSN, subjek bahasan jurnal tersebut, publisher, negara, bahasa yang digunakan dalam jurnal tersebut, dsb.

  • Economics E-Journal

Economics E-Journal menyediakan jurnal-jurnal ekonomi yang tidak berbayar. Tersedia jurnal-jurnal dari berbagai bahasan ilmu ekonomi seperti Makro dan Mikro Ekonomi, Ekonomi Publik, Kebijakan Ekonomi dan lain-lain.

  • Chemistry Central Journal

Chemistry Central Journal menyediakan jurnal-jurnal gratis dengan bahasan Ilmu Kimia secara umum. Meliputi seluruh aspek ilmu kimia seperti Kimia Analitik, Kimia Lingkungan, Kimia Organik dan Anorganik, dan sebagainya.

  • Duke Environment Law and Policy Forum

Duke Environment Law & Policy Forum menyediakan jurnal-jurnal mengenai bahasan di bidang hukum.

  • International Organization of Scientific Research (IOSR)

IOSR adalah asosiasi ilmuwan, ulama Penelitian, Profesor, Direktur, Manajer, Insinyur, orang Farmasi berbagai bidang seperti Teknik, Manajemen, Farmasi, Ilmu Terapan, dan Matematika.
IOSR membantu para peneliti bebas biaya dengan memberikan arah yang tepat dalam penelitian mereka dengan bantuan anggota asosiasi penelitian di seluruh dunia.

  • ScienceDirect

ScienceDirect merupakan situs penyedia jurnal, buku dan artikel yang dipublikasikan dalam jurnal Open Access permanen gratis untuk semua orang untuk mengakses segera setelah dipublikasi.

  • Library Genesis: Scientific Articles

Library Genesis: Scientific Articles menyediakan berbagai jurnal gratis mulai dari tahun lama sampai terbaru yang bisa didownload secara gratis sesuai dengan bidang ilmu dan seri jurnal yang ingin dicari.

  • Mendeley

Mandeley merupakan situs penyedia jurnal online gratis, selain itu mandeley juga menyediakan software dekstop untuk mempermudah pencarian jurnal ilmiah. 

SUMBER
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner