June 29, 2016

Tips Memulai Pembicaraan dengan Orang Baru

Orang Berjabat Tangan
Manusia diciptakan sebagai makhluk sosial. Oleh karena itu komunikasi sangat penting dalam berinteraksi kepada orang lain, terutama dengan orang yang baru kita temui Tapi terkadang kita merasa bingung atau bahkan canggung untuk memulai pembicaraan kepada orang yang baru kita temui.

Berikut ini tips untuk memulai pembicaraan dengan orang yang baru kita temui

1. Mulailah dengan kalimat yang sederhana (basa-basi)
Basa-basi sangat diperlukan dalam membuka pembicaraan kepada orang yang baru kita kenal/temui. Jangan terlalu serius!
Contoh :
"sekarang jam berapa mas?"
Pernyataan di atas paling ampuh dan paling sering digunakan, ane sendiri biasa menggunakan pertanyaan di atas kalau lagi nongkrong di Corner dan kebetulan ada anak baru yang nongkrong di situ.


2. Menceritakan tentang diri Anda saat diminta
Saat ini adalah saat yang paling tepat bagi Anda untuk menceritakan tentang diri Anda. Ceritakan tentang diri Anda, tetapi jangan terlalu berlebihan membuka jati diri Anda. Beri kesempatan pada orang tersebut bertanya tentang kehidupan Anda.

3. Membuat dia membahas tentang dirinya
Carilah topik yang sangat orang tersebut kuasai, yaitu tentang dirinya sendiri.
Bertanyalah dengan pertanyaan seperti: "Rumahnya di mana?", "Kerjanya apa?", "Asalnya dari mana?", "Sekolah di mana?" Pertanyaan-pertanyaan seperti ini sangat tepat sekali digunakan sebagai pembukaan percakapan yang baik. Dengan pertanyaan seperti itu akan membuat mereka tertarik untuk berbicara dengan Anda dan setelah itu jangan lupa untuk berkenalan dengan orang baru tersebut.


4. Cari topik yang menarik atau yang sedang tren
Saat keadaan mulai diam karena tidak adanya topik yang dibahas, coba Anda seaktif mungkin mencari bahan pembicaraan, mulai dari topik yang sedang hangat dibicarakan saat ini atau hal-hal lain yang berhubungan dengan pekerjaan atau studi yang dia jalani. Jangan membicarakan topik yang serius yang susah dimengerti oleh Anda dan orang tersebut.

SUMBER
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner