August 8, 2016

10 Perusahaan di Dunia dengan Pendapatan Tertinggi

Gedung Pencakar Langit - gutbilder.com
Pada era modern ini banyak perusahaan besar di dunia yang berlomba - lomba untuk menjadi perusahaan yang terbaik dan terdepan. Berbicara mengenai perusahaan besar, pastinya perusahaan tersebut mempunyai pendapatan yang sangat tinggi. Berikut adalah 10 perusahaan dengan pendapatan tertinggi di dunia tahun 2016 versi Fortune. Fortune sendiri adalah sebuah majalah bisnis global yang diterbitkan oleh Fortune Money Group milik Time Inc. Didirikan oleh Henry Luce pada a tahun 1930. Di Indonesia, majalah ini terbit pertama kali tahun 2010 oleh PT. Kompas Gramedia.

BP ($225,982 million)
Logo Perusahaan BP
bp atau BP (dulunya "British Petroleum") adalah sebuah perusahaan minyak bumi bermarkas di London, dan salah satu 4 besar perusahaan minyak di seluruh dunia. Pada Desember 1998, BP bergabung dengan American Oil Company (Amoco), membentuk "BP Amoco". Namun, langkah ini dipandang umum sebagai sebuah pembelian Amoco oleh BP, hanya saja digambarkan secara resmi sebagai sebuah penggabungan karena alasan legal. Dan setelah setahun beroperasi bersama, mereka menggabungkan banyak operasi dan nama "Amoco" dilepas dari nama perusahaan. Divisi BP Solar telah menjadi pemimpin dalam produksi panel surya.

Apple, Inc.($233,715 million)
Perusahaan Apple
Apple, Inc. (sebelumnya bernama Apple Computer, Inc.) adalah sebuah perusahaan multinasional yang berpusat di Silicon Valley, Cupertino, California, Amerika Serikat dan bergerak dalam bidang perancangan, pengembangan, dan penjualan barang-barang yang meliputi elektronik konsumen, perangkat lunak komputer, serta komputer pribadi. Apple Inc. didirikan pada tanggal 1 April, 1976 dan diinkorporasikan menjadi Apple Computer, Inc. pada tanggal 3 Januari, 1977. Pada 9 Januari, 2007, kata "Computer" dihapus untuk mencerminkan fokus Apple terhadap bidang elektronik konsumen pascapeluncuran iPhone. Apple dikenal akan jajaran produk perangkat lunak diantaranya sistem operasi OS X dan iOS, pemutar musik iTunes, serta peramban web Safari, dan perangkat keras diantaranya komputer meja iMac, komputer jinjing MacBook Pro, pemutar lagu iPod, serta telepon genggam iPhone dan jam tangan pintar Apple Watch.

Toyota Motor($236,592 million)
Toyota - http://cdn-kisikisi.jobs.id/
Toyota Motor Corporation (TMC) adalah sebuah pabrikan mobil yang berasal dari Jepang, yang berpusat di Toyota, Aichi. Toyota Motor didirikan pada tanggal 28 Agustus 1937. Saat ini, Toyota merupakan pabrikan penghasil mobil terbesar di dunia. Di samping memproduksi mobil, Toyota juga memberikan pelayanan finansial, dan juga mebuat robot. TMC merupakan anggota dari Grup Toyota dan memproduksi mobil dengan merek Toyota Lexus dan Scion, memiliki sebagian besar saham dari Daihatsu dan Hino,dan memiliki sebagian kecil saham Subaru dan Isuzu.

Volkswagen($236,600 million)
Perusahaan Volkswagen - uraikan.com/
Volkswagen (biasa disingkat VW) adalah sebuah pabrikan otomotif berbasis di Wolfsburg, Lower Saxony, Jerman. Volkswagen didirikan oleh Serikat Buruh Jerman (Deutsche Arbeitsfront) pada tahun 1937. Volkswagen merupakan merk asli dari Grup Volkswagen, yang juga membawahi beberapa merk mobil lain seperti Audi, Bentley Motors,Bugatti Automobiles, Automobili Lamborghini, SEAT, Škoda Auto dan sebuah pabrikan kendaraan komersial Scania. Tahun 2009, Supervisory Board dari Volkswagen AG mengesahkan pendirian sebuah grup otomotif yang terintegrasi dengan Porsche di bawah naungan Volkswagen.

Exxon Mobil ($246,204 million)
Perusahaan Exxon Mobil - liputan6.static6.com
ExxonMobil bermarkas di Texas, Amerika Serikat adalah sebuah perusahaan penghasil dan pengecer minyak yang dibentuk pada 30 November 1999 melalui penggabungan Exxon dan Mobil. ExxonMobil adalah induk perusahaan Exxon, Mobil dan Esso di seluruh dunia. ExxonMobil merupakan perusahaan terbuka yang terbesar di dunia. Keuntungan operasinya pada 2005 sebesar AS$36,13 miliar (sebuah rekor untuk perusahaan diperdagangan publik), sedikit lebih kecil dari PDB Azerbaijan, sedangkan pendapatannya lebih besar dari PDB Arab Saudi. ExxonMobil berkantor pusat di Irving, Texas. Bersama dengan Shell, BP dan Total, Exxon Mobil merupakan empat perusahaan minyak terbesar di dunia. Direktur ExxonMobil sekarang adalah Rex W. Tillerson.

Royal Dutch Shell ($272,156 million)
Royal Dutch Shell - fastly.net
Shell didirikan pada bulan Februari tahun 1907. Perusahaan ini merupakan energi utama, salah satu peringkat 4 atas perusahaan swasta minyak dan gas di dunia (bersama dengan BP, ExxonMobil, dan Total). Shell juga memiliki bisnis petrokimia yang cukup besar yaitu Shell Chemicals dan sektor energi pengembangan tenaga angin dan surya. Markas besar perusahaan ini berada di Den Haag, Belanda dengan markas besar legal di London, Britania Raya.

Sinopec Group ($294,344 million)
Sinopec Group
Sinopec Group didirikan pada tahun 2000 dan merupakan gabungan dari seluruh perusahaan minyak, dan kimia di Republik Rakyat Tiongkok. Fokus utama Sinopec Group adalah industri pertambangan minyak dan gas.

China National Petroleum Corporation ($299,271 million)
China National Petroleum Corporation - china.cn
China National Petroleum Corporation merupakan sebuah perusahaan multinasional yang berbasis di Beijing, Republik Rakyat Tiongkok. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1988. Perusahaan ini umumnya menghasilkan berbagai macam produk bahan bakar dan gas alam. Perusahaan ini mempekerjakan 1.668.072 pegawai yang tersebar di seluruh wilayah operasi.

State Grid ($329,601 million)
State Grid - china.cn
State Grid adalah perusahaan utilitas listrik terbesar di dunia. Perusahaan ini merupakan perusahaan milik negara yang mentransmisikan serta mendistribusikan listrik di Cina atau Republik Rakyat Tiongkok. perusahaan ini dibangun pada tahu 2002 dan berkantor pusat di Distrik Xicheng, Kota Beijing.

Walmart ($482,130 million)
Wallmart - buttcon.com
Wal-Mart Stores, Inc dipasarkan dengan nama Walmart, adalah perusahaan Amerika Serikat yang mengoperasikan jaringan department store. Walmart Didirikan oleh Sam Walton pada tahun 1962, Wal-Mart mulai mencatatkan sahamnya di Bursa Saham New York pada tahun 1972. Wal-Mart beroperasi di Argentina, Brasil, Britania Raya (dengan nama ASDA), Jepang (dengan nama Seiyu), Kanada, Meksiko (dengan nama Walmex), Puerto Riko, dan RRC. Wal-Mart pernah beroperasi di Jerman namun akhirnya tutup pada tahun 2006 karena merugi. Selain itu, Wal-Mart pernah membuka tokonya di Indonesia (di Supermal Karawaci) pada tahun 1995 namun ditutup pada tahun 1998 karena kurang menguntungkan di mana saat itu terjadi krisis moneter. (DTLD#01)
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner