August 12, 2016

Foto-foto Revolusi Nasional Indonesia yang diblacklist oleh Belanda

Revolusi Indonesia - arsipindonesia.com
Sebenarnya apa itu Revolusi Nasional Indonesia sendiri ? Menurut wikipedia Revolusi Nasional Indonesia adalah sebuah konflik bersenjata dan pertentangan diplomasi antara Republik Indonesia yang baru lahir melawan Kerajaan Belanda yang dibantu oleh pihak Sekutu, diwakili oleh Inggris. Rangkaian peristiwa ini terjadi mulai dari proklamasi kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945 hingga pengakuan kemerdekaan Indonesia oleh Kerajaan Belanda pada 29 Desember 1949. Meskipun demikian, gerakan revolusi itu sendiri telah dimulai pada tahun 1908, yang saat ini diperingati sebagai tahun dimulainya kebangkitan nasional Indonesia. 

Lalu bagaimana bisa foto-foto Revolusi Nasional Indonesia bisa diblacklist ? Awal ceritanaya Pada tahun 1969, Belanda terguncang, Bagaimana tidak, dalam program sebuah televisi bernama Achter het Niews (Di balik berita), seorang veteran perang Joop Hueting mengungkapkan adanya kejahatan perang yang dilakaukan oleh tentara belanda saat berlangsungnya Revolusi Nasional Indonesia. Dengan adanya pengungkapan ini, dia menyalahkan dirinya sendiri dan juga mengungkap rahasia negara dia sendiri.

Wawancara dengan Joop Hueting (kanan) oleh Hans Jacob - destrijd.vara.nl
Sekitar Januari 2016, Hueting menceritakan kembali ceritanya di Museum Resistan Belanda di Amsterdam dalam rangka pameran Colonial War 1945-1949 - desired and undiesired images yang berlangsung sampai 3 April 2016.
Pameran ini menceritakan sejarah Revolusi Nasional Indonesia dari sudut pandang belanda - satu hal yang sangat mempengaruhi media belanda. 

Pameran Foto bertajuk - PERANG KOLONIAL - gewenst en ongewenst beeld (Gambar yang diinginkan dan tidak diinginkan)
Di pameran ini, foto-foto dipamerkan sesuai dengan kronologinya, baik itu yang sudah lolos seleksi dan terpublikasi di Belanda maupun foto-foto yang ditarik oleh pihak militer, salah satu alasannya ya karena kejahatan perang.

Berikut adalah foto-foto yang kala itu lolos dan masuk di Koran atapun majalah di Belanda dan Eropa seperti Panorama, Katholieke Illustratie dan Der Spiegel

Tentara belanda memasuki kota
Tentara Belanda dari Brigade V memasuki kota. Paling depan yakni seorang pasukan wajib militer M.A.P de lange berpose duduk dengan mengarahkan bayonetnya agar terlihat kerlang.kerling menghadap cahaya matahari, pose diarahkan oleh sang Fotografer. Solo, Jawa Tengah (T.Schilling, DLC, NA)

Anak kurus dalam revolusi nasional indonesia
Seorang anak kecil kurus kerempeng yang mendapatkan rangsum dan rokok dari marinir belanda, foto ini adalah hasi dari crop-an sebuah foto dan di zoom/fokuskan ke anak kecil, sedangkan sisanya dibuang oleh pihak editor. Madura Barat, akhir Agustus 1947. (H Wilmar, Foto Spaarnestad, NA)

Tentara belanda memberikan sebuah roti
Seorang wanita lokal dengan anaknya mendapatkan rangsum dan sebuah roti dari tentara belanda. Jawa Barat 1946. Capcay originalnya : "Dengan senyumnya yang mengembang, dia menggumam terus menerus, trima kassi tuan (thank you sir) ". (W. van de Poll, NA)

Tentara belanda berjaga-jaga
Tentara Belanda berjaga-jaga sementara rakyat Indonesia memperbaiki rel kereta api yang rusak. Baturadja, Sumatera Selatan November 1947. (J Ziljstra, koleksi L. Zweers)

Marinir belanda dengan kendaraan amfibi
Pendaratan marinir belanda dengan kendaraan amfibi, Pasir Putih, pesisir utara Jawa Timur, 21 Juli 1947. Foto ini mengingatkan tentang pendaratan sekutu di Normandia pada D-Day. Capcay originalnya : "Pasukan menyerbu ke darat untuk mendirikan pangkalan di Pantai. Tidak ada perlawanan ". (Foto H. WIlmar Spaarnestad, NA)

Penduduk solo menyanmbut tentara belanda
Penduduk Solo menyambut pasukan belanda pada 21 Desember 1948. Sebuah band keroncong (yang memakai topi putih) memainkan musik. Foto ini juga hasil zoom-in. (T. Schilling, DLC, NA)

Kenapa ada yang terpublikasi, tapi ada yang tidak ?

Pendek Cerita, ketika Perang Dunia II berakhir, Belanda dalam kondisi berantakkan, tetapi tetap ada upaya untuk mempertahankan kolonialisasi terhada Indonesia. Antara tahun 1945 dan 1950, lebih dari 120 ribu pemuda belandadikirimkan ke Asia dengan tujuan, mencegah perlawanan yang dipimpin oleh Soekarno yang saat itu tengah menggalang kekuatan.. Di negeri belanda sendiri, berita tentang hal ini mencuat dan memberikan imej(tampilan) yang baik . Foto-foto yang terpublikasikan di majalah dan koran menunjukkan bagaimana belanda membawa keteraturan dan kedamaian ke tempat yang telah ditinggalkan oleh otoritas lokal. Kebanyakan foto menunjukkan belanda melakukan pekerjaan yang humanis, tau dengan perilaku tentara yang ramah layaknya polisi yang mengamankan suatu daerah dari kejahatan.


Tapi kenyataan berkata lain, "keramahan" belanda ini adalah sebuah perang. tentara mereka patroli siang dan malam di lingkungan yang aneh bagi mereka. Penyergapan dan penembakan merupakan perintah, tapi musuh sering kali tidak terlihat. Semakin kesini, moral tentara semakin jatuh terlebih dengan menghadapi taktik gerilya. Perasaan belas kasihan atau iba terhadap Tentara Indonesia dan penduduk lokal pun menghilang

Para pejuang indonesa tersungkur dan terlihat sebuah bambu runcing disana
Tidak terpublikasi: Para pejuang Indonesia tersungkur di parit, ada yang tertutupi daun palem. Disebelah kanan agak ke atas, terlihat tongkat bambu tajam. (Foto Spaarnestad, W.F.J Pielage, NA)

Para pejuang indonesia tertangkap
29 Novermber 1947, Tiga orang pejuang muda Indoensia tertangkap, mereka terlihat sedang terluka dan pergelangan kaki merka diikat dengan tentara belanda mengamati (Fotografer: NN ,NIOD)

Tentara jepang yang berada disolo
Tentara belanda secara santai mengarahkan senjatanya ke pasukan permerintah Indonesia yang sudah menyerah. Solo, Jawa Tengah 1948 (T.Schilling, DLC, NA)

Kumpulan pejuang indonesa ada yang tertangkap, luka hingga meninggal
Tentara bentukan Hindia-Belanda atau KNIL (Koninklijk Nederland-Indische Leger), berada di kumpulan prajurit Indonesia,yang diantaranya ada yang tertangkap, terluka, atau tewas. Malang, Jawa Timur, akhir Juli 1947 (TLC, arsip nasional Belanda, The Hague)

Tentara indonesia yang ditarik keluar dari parit oleh tentara belanda
Masih banyak foto-foto yang menggambarkan bagaimana revolusi nasional indonesia , beberapa foto ada dibawah ini : (DTLD#01)





NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner