September 18, 2016

BAGUS, Sekarang Indonesia Punya Pusat Pengembangan Desain

Indonesia sebagai negara yang memiliki ragam kekayaan alam dan hasil bumi yang berlimpah sehingga kita pastinya memungkinkan untuk membuat sebuah produk-produk yang bisa kita jual bahkan ga menutup kemungkinan bisa diekspor sampai ke mancanegara. Pasti kalian pada mau dong kalo punya produk bisa nembus diekspor sampai ke luar negeri? Tapi mungkin terkadang agan sering kepentok dengan bingung gimana sih cara mengemas sebuah produk ataupun mendesain sebuah produk agar menarik banget sehingga bisa sampai di ekspor ke mancanegara?

Kunjungan dirjen ke IDDC - kemendag.go.id
Perdagangan jadi sektor penggerak nih gan, daya saing ekonomi, dan sebagai sarana demi menciptakan kemakmuran rakyat. Apalagi sekarang ini para pelaku perdagangan ini wajib ketemu dengan yang namanya arus globalisasi yang mau ga mau harus ngikutin dan sadar kalo harus bikin produk yang punya daya saing tinggi. Negara sebelah kayak Jepang, Thailand, Singapura sih udah pada punya pusat pengembangan desain gan, pusat pengembangan desain ini untuk ngedukung kreativitas, kegiatan industri, agar bisa bikin produk yang berkualitas sesuai standar permintaan global. Tapi tenang aja gan, karena sekarang Indonesia juga udah punya koq, yes benar gan! Sekarang kita udah punya Indonesia Design Development Center (IDDC). Pasti kalian penasaran IDDC ini apaan yah? Yuk intip langsung aja di bawah ini.

INDONESIA
DESIGN
DEVELOPMENT
CENTER
(IDDC)
Apa itu ?

Indonesia Design Development Centre (IDDC) ini merupakan suatu wadah pengembangan desain bagi produk-produk potensial ekspor yang mungkin kalian juga punya gan, IDDC ini jadi tempat Pusat Promosi Desain, Pusat Konsultasi Desain, dan Pusat Pelayanan Desain yang menyediakan berbagai fasilitas pengembangan desain di antaranya Klinik Desain, Database Desainer Indonesia, Design & Trend Resources, Pustaka Desain dan Material, Co-Work Space, Seminar/Workshop, dan Permanent Trade Display.

Tujuan IDDC Yang Wajib Kalian Ketahui.

Indonesia Design Development Center (IDDC) jadi “wahana untuk berkolaborasi” buat agan pelaku dunia usaha, desainer, asosiasi, dan juga akademisi dalam menciptakan produk berkualitas, bernilai tambah, yang pastinya berdaya saing tinggi. Buat kita masyarakat Indonesia. dengan adanya IDDC diharapkan sih biar bisa menginspirasi dan merangsang pola pikir kreatif di dunia desain Indonesia. Dan buat dunia bisnis, agar mampu ngebangun kesadaran akan nilai desain dan dunia bisnis mengenai pentingnya desain. Nggak Cuma itu aja sih gan, bisa jadi sumber pengetahuan yang mendidik dan kasih pengalaman kepada penggunanya untuk memicu imajinasi mereka dalam berkarya.

IDDC Fungsinya Buat Apa ?

Seperti yang udah ane singgung sedikit di atas gan, Indonesia Design Development Center (IDDC) ini emang sebuah wadah pengembangan desain untuk produk-produk potensial ekspor. Lebih detailnya sebenarnya fungsi dari IDDC ini agan bisa baca lebih lengkapnya dengan simak di bawah ini :

Pusat Promosi Desain
IDDC berfungsi untuk ngejelasin ke dunia usaha gimana sih caranya untuk bisa dapetin keuntungan dari pemanfaatan desain dan dukungan pemerintah terhadap aktivitas desain.

Pusat Konsultasi Desain
Sebagai pusat konsultasi desain, IDDC nenyediakan konsultasi langsung yang berhubungan dengan desain dan akses ke sumber daya terkait desain. Selain itu juga melayani keahlian di bidang desain produk, proses desain, hak desain, dan pengembangan usaha

Pusat Pelayanan Desain
Menyediakan fasilitas dan ahli di bidang desain, prototyping, dan akses luas ke informasi yang dibutuhkan untuk proses desain.

Untuk menunjang fungsinya, Indonesia Design Development Center (IDDC) memiliki sederet layanan & fasilitas yang diantaranya : Seminar / Workshop Desain, Klinik Desain, Database Desainer Indonesia, Design & Trend Resource, Pustaka Desain & Material, Co-Work Space, dan Gallery Display.



Sebenarnya sih ga cuma kasih fasilitas dan layanan yang udah ane sebutin di atas aja gan, Indonesia Design Development Center (IDDC) ini juga memberikan fasilitas pendampingan desain dengan cara  :

Peningkatan daya saing dan nilai tambah produk melalui pengembangan desain dengan mempertemukan desainer dengan pelaku usaha yang berorientasi ekspor dengan Penciptaan prototype yang memiliki nilai tambah dan daya saing di pasar tujuan ekspor melalui pengembangan potensi lokal. FYI aja nih gan bahwa tahun 2016 ini Program Designer Dispatch Service (DDS) program pendampingan produk oleh desainer yang menitikberatkan kepada penciptaan produk baru untuk diuji kan di pasar ekspor berfokus pada Produk Homedecor yang melibatkan UKM dari Aceh, Sawahlunto, Jambi, Palangkaraya, Bogor, Cilacap, Solo, Yogyakarta, Purwakarta, Medan, Surabaya dan Kupang (DTLD#1)
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner