October 9, 2016

Efek Negatif Main Game Terlalu Lama


Ternyata bermain game terlalu lama bisa ada efek negatifnya looh, Apa itu ? sementara kita pahami dulu pengertian dari game terlebih dahulu. Dalam kamus bahasa Indonesia “Game”diartikan sebagai permainan. Permainan merupakan bagian dari bermain dan bermain juga bagian dari permainan keduanya saling berhubungan. Permainan adalah kegiatan yang kompleks yang didalamnya terdapat peraturan, play dan budaya. Sebuah permainan adalah sebuah sistem dimana pemain terlibat dalam konflik buatan, disini pemain berinteraksi dengan sistem dan konflik dalam permainan merupakan rekayasa atau buatan, dalam permainan terdapat peraturan yang bertujuan untuk membatasi perilaku pemain dan menentukan permainan. 

Game bertujuan untuk menghibur, biasanya game banyak disukai oleh anak – anak hingga orang dewasa. Games sebenarnya penting untuk perkembangan otak, untuk meningkatkan konsentrasi dan melatih untuk memecahkan masalah dengan tepat dan cepat karena dalam game terdapat berbagai konflik atau masalah yang menuntut kita untuk menyelesaikannya dengan cepat dan tepat. Tetapi game juga bisa merugikan karena apabila kita sudah kecanduan game kita akan lupa waktu dan akan mengganggu kegiatan atau aktifitas yang sedang kita lakukan. Game itu pun banyak jenisnya. Ada game yang real, game di hp, game dari konsol, ataupun game yang menyangkut perasaan (efek jomblo). Predikat gamers pun kian banyak diakui oleh beberapa anak muda baik itu pria maupun wanita. Berita kontroversial pun kian meningkat seiring perkembangan gamers mulai dari akibat dan ketidakjelasan masa depan seseorang yang ngakunya Gamers. Nah, ditrit ane kali ini yang pengen ane bahas adalah hal-hal negatif jika agan memainkan game terlalu lama. Penasaran kan?

Timbulnya Penyakit Deep Vein Thrombosis


Salah satu hal pertama yang mungkin terjadi terjadi jika agan memainkan game terlalu lama adalah penyakit sepele yang mengerikan ini. Penyakin ini muncul jika agan memainkan game dengan posisi yang sama berjam-jam. Salah satu gamers Inggris mengakhiri hidupnya karena penyakit ini akibat setiap harinya hanya diisi untuk main game dengan durasi 10-12 jam dengan posisi duduk. Terutama sering terjadi pada bagian kaki ditemani pembuluh darah yang beku. Ada lagi di Selandia Baru salah satu gamers yang berkunjung kerumah sakit karena aliran darah pada kakinya beku karena memainkan Konsol Playstation selama 4 hari. Hal ini juga sering terjadi pada penumpang semisal kereta api yang memiliki ruang gerak sempit serta perjalanan yang jauh.

Bisa Menyebabkan Gagal Jantung


Beberapa waktu yang lalu ada salah satu berita yang menarik di media berita CNN. Pada berita tersebut dilaporkan ada seorang pria berumur 32 Tahun meninggal akibat Gagal Jantung disebuah warnet. Hal ini diketahui karena kurangna tidur, kelelahan, suhu yang dingin dll. Gimana gak, pria tersebut ermain game tanpa non-stop selama 3 hari. Salahs atu karyawan warnet disitu pun membenarkan bahwa pria tersebut memang sering menghabiskan waktu diwarnet tersebut bahkan bisa menginap disitu juga.

Terkena Penyakit Nintendoitis


Namanya sama seperti nama konsol game ya hehe. Simplenya, penyakit ini sering timbul pada bagian jari karena agan memainkan stick player pada konsol tersebut berulang-ulang hingga membuat pergelangan maupun jari berasa keram. Keramnya itu sakit loh gan, pernah ngerasain kan pasti gimana rasanya itu kalau jempol gak bisa balik seperti normal?

Membuat Nyeri Punggung Bagian Bawah


Sebuah studi tahun 1999 menunjukkan adanya hubungan antara penyakit yang dirasakan nyeri oleh anak-anak dengan bermain game yang terlalu lama. Biasanya penyakit ini akan timbul jika agan sering bermain game setiap hari dengan durasi paling sedikit 2 jam perharinya.

Merusak Mata


Kalau ini sih mungkin semuanya udah pada tau kali yah? Melihat layar terlalu dapat menyebabkan mata tegang sehingga terasa nyeri. Masalah mata tersebut dapat diperburuk dengan kondisi pencahayaan yang redup serta postur duduk yang buruk.

Membuat Kejang


Kejang disini kerap terjadi pada gamers yang mempunyai penyakit epilepsi. Sebagai laporan yang diterbitkan oleh National Institutes of Health catatan, mayoritas pasien dengan epilepsi menderita kejang saat bermain video game terlalu lama.

Rentan Terhadap Obesitas


Terakhir, bermain dengan waktu yang lama bisa membuat tubuh agan rentan terhadap obesitas atau berat badan yang berlebih. Hal ini didukung karena minimnya gerakan yang dilakukan oleh tubuh karena saat bermain game. (DTL#1setahunsudah)
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner