October 9, 2016

Mengenal El Dia De Los Muertos, Tradisi Halloween Orang Meksiko

Turut merayakan Halloween bersama seluruh dunia, orang Meksiko memilih menggunakan nama khusus untuk memperingati hari kematian. El Dia De Los Muertos namanya. Perayaannya jatuh setiap 1 November setiap tahun. Pada hari itu jutaan penduduk Meksiko turun ke jalan dengan mengenakan kostum dan riasan wajah menyeramkan. Tak hanya itu, berikut ini adalah enam fakta menarik tentang El Dia De Los Muertos

El Dia De Los Muertos - Image by : elcentro.ucsc.edu/
Menerbangkan layang-layang

Layang - layang - pict by : therichest.com
Selain agenda parade memenuhi jalanan, layang-layang besar juga diterbangkan selama perayaan. Menariknya, layang-layang ini dibuat dari bahan-bahan alami, lho!

Menggunakan bunga Marigold


Bunga Marigold berwarna kuning ini dianggap seperti matahari yang menumbuhkan harapan akan hidup di masa setelah kematian.

La Catrina, si tengkorak cantik


Tengkorak turut menjadi ikon dari perayaan hari kematian di Meksiko. Mereka bahkan memberikan nama ‘La Catrina’ yang berarti ‘tengkorak yang elegan’.

Roti manis


Inilah kuliner yang paling dinantikan ketika El Dia Do Los Muertos. Roti ini dibentuk serupa tulang dan beraroma sangat wangi. Diharapkan dari bau ini arwah-arwah bangkit dan mengunjungi rumah mereka selama hidup di dunia.

Gula tengkorak


Gula di Meksiko amat melimpah produksinya. Maka tak heran jika saat perayaan ini si manis ini juga dilibatkan dan dibentuk menyerupai tengkorak.

Makam


Tak hanya merayakan di jalanan, makam anggota keluarga juga dihias cantik dengan bunga Marigold dan lilin dengan tujuan mengundang arwah mereka ke rumah.

Perayaan tiga hari


Perayan ini digelar selama tiga hari lamanya. Diawali dengan mengunjungi makam keluarga dan merayakan kematian keluarga yang masih kecil, kemudian diakhiri dengan merelakan arwah seluruh keluarga menuju surga. Ingin lebih tau banyak gambar tentang ElDia De Los Muertos ? Klik (DTL#14)
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner