November 18, 2016

7 Penguasa Industri Di Indonesia Beserta Fakta-Faktanya!



Industri adalah bidang yang menggunakan ketrampilan, dan ketekunan kerja (bahasa Inggris: industrious) dan penggunaan alat-alat di bidang pengolahan hasil-hasil bumi, dan distribusinya sebagai dasarnya. Maka industri umumnya dikenal sebagai mata rantai selanjutnya dari usaha-usaha mencukupi kebutuhan (ekonomi) yang berhubungan dengan bumi, yaitu sesudah pertanian, perkebunan, dan pertambangan yang berhubungan erat dengan tanah. Kedudukan industri semakin jauh dari tanah, yang merupakan basis ekonomi, budaya, dan politik. Ada 7 Indrustri yang menguasai pasar yang berada di Indonesia, apa saja ?

Penguasa Industri Perbankan, Bank BCA

Nilai Pasar 9345M USD Pesaing terdekat, BRI Nilai Pasar 7846M USD
Bank terbesar di indonesia ini dibangun pada tahun 1957 oleh Sudono Salim, Pemilik Salim Group. Bank yang saat ini dikelola oleh Djarum Group ini sudah bernilai lebih dari 121,4 Triliun Rupiah. Terhitung sejak 2015 lalu, BCA sudah memfasilitasi layanan transaksi perbankan kepada 13 juta nasabah melalui 1.135 cabang, 16.707 ATM dan ratusan ribu EDC dengan dilengkapi layanan internet banking dan mobile banking. Hingga saat ini, BCA adalah bank dengan nasabah terbanyak di indonesia. 


Beberapa Fakta tentang BCA 
  1. BCA sempat mengalami masa sulit pada tahun 1997 karena krisis moneter. Bank ini sempat diambil alih pemerintah melalui BPPN (Badan Penyehatan Perbankan Nasional) pada tahun 1998. Hingga akhirnya bisa kembali pulih dan Go publik pada tahun 2000.
  2. Pada 2002, BCA beralih kepemilikan dari BPPN kepada Group Djarum milik Budi dan Michael Hartono.
Penguasa Industri Makanan, Indomie


Nilai Pasar 1103M USD Pesaing terdekat, ABC Nilai Pasar 688M USD
Perusahaan yang terkenal dengan semboyan “indomie seleraku” ini dibangun pada tahun 1972 oleh Sudono Salim, Pemilik Salim Group. Perusahaan yang dulunya bernama Sanmaru Food ini kini bernilai lebih dari 14 Triliun Rupiah. Saat ini, indomie menguasai 73% pangsa pasar nasional. Produk indomie juga sudah dipasarkan hampir ke seluruh negara di dunia, diantaranya, Nigeria, Cina, Jepang, Amerika dan Inggris.

Beberapa Fakta tentang Indomie
  1. Saking terkenalnya, Indomie jadi salah satu makanan pokok di nigeria
  2. Semboyan indomie seleraku sebenarnya merupakan bait dari sebuah lagu yang diciptakan A. Riyanto pada tahun 1980 yang berjudul indomie. Lagu ini masih dipakai sebagai promotional music oleh indomie hingga saat ini
Penguasa Industri Minuman, Aqua


Nilai Pasar 668M USD Pesaing Sariwangi Nilai Pasar 425M USD
Perusahaan air mineral ini mulai beroprasi pada tahun 1973. Saat ini Perusahaan yang dirintis oleh Tirto Utomo ini sudah bernilai lebih dari 8 Triliun Rupiah. Aqua boleh dibilang adalah pioner perusahaan AMDK pertama di indonesia. Bahkan kini aqua juga sudah dipasarkan ke beberapa negara tetangga termasuk malaysia, brunai dan singapura.

Beberapa Fakta Tentang Aqua
  1. Beberapa orang masih sering sekali menyebut air minum dalam kemasan dengan sebutan “Aqua”. Ada aqua? Sebuah positioning yang dilakukan AQUA
  2. Sebelum bernama Aqua, dulunya produk ini dinamakan Puritas (Pure Artesian Water)
  3. produk pertama aqua yang dipasarkan ternyata lebih mahal dari bensin pada masanya. Saat itu aqua dihargai 75 rupiah dimana bensin 1 liter masih 46 Rupiah
Penguasa Industri Properti, Ciputra Development


Nilai Pasar 473M USD Pesaing Summarecon Nilai Pasar 443M USD
Perusahaan ini didirikan oleh Tjiepotra (Ciputra)yang biasa dikagumi sebagai bapak real estate indonesia pada tahun 1981. Perusahaan yang bergerak di bidang properti ini sangat dikenal di indonesia. Saat ini nilai perusahaan yang dulunya bernama Citra Habitat Indonesia ini sudah menyentuh angka 6 triliun rupiah. 

Beberapa Fakta Tentang Ciputra Development
  1. Ayah Ciputra, Tjie Sim Poe pernah ditangkap jepang pada masa penjajahan jepang di tahun 1944 dan tak pernah kembali lagi.
  2. Ciputra Development juga mengalami nasib yang sama seperti BCA ketika menghadapi krisis ekonomi 1998. Untungnya dengan kesungguhannya, Ciputra mampu melalui masa-masa tersebut dengan baik.
Penguasa Industri Ritel, Matahari Dep Store


Nilai Pasar 2092M USD Pesaing, Alfa Nilai Pasar 388M USD
Salah satu anak perusahaan Lippo Group ini sangat dominan di pasar ritel nasional. Perusahaan yang didirikan pada tahun 1958 ini kini sudah dihargai lebih dari 27 Triliun Rupiah. Matahari Department Store sudah mempunyai 79 toserba, 38 hypermarket, 31 supermarket, 46 outlet farmasi, dan lebih dari 88 hiburan keluarga di lebih dari 50 kota di Indonesia.

Penguasa Industri Telekomunikasi, Telkomsel

Nilai Pasar 6772M USD Pesaing Terdekat, Indosat,Nilai Pasar 1064M USD
Perusahaan milik telkom ini pertama kali didirikan pada tahun 1994. Telkomsel kini sudah bernilai lebih dari 88 Triliun Rupiah. Telkomsel merupakan operator telekomunikasi seluler terbesar di Indonesia dengan 139,3 juta pelanggan pada tahun 2015 dan sudah menguasai 51% pangsa pasar nasional. Jaringan Telkomsel telah mencakup 288 jaringan roaming internasional di 155 negara. 

Beberapa fakta tentang Telkomsel
  1. Telkomsel telah menjadi operator seluler ketujuh di dunia yang mempunyai lebih dari 100 juta pelanggan dalam satu negara per Mei 2011
  2. Telkomsel adalah oprator pertama di jaringan GSM indonesia
Penguasa Industri Hiburan, SCTV


Nilai Pasar 587M USDPesaing RCTI, Nilai Pasar 213M USD
Stasiun televisi tertua kedua di indonesia ini pertama kali mengudara pada tahun 1990. Saat ini televisi yang dikelola oleh PT Surya Citra Media ini sudah bernilai lebih dari 7,6 Triliun rupiah. Stasiun televisi yang dulunya bernama Surabaya Centra Televisi ini kini sudah memiliki 47 stasiun transmisi, yang mampu menjangkau 240 kota dan menggapai sekitar lebih dari 175 juta potensial pemirsa. 

Beberapa Fakta tentang SCTV
  1. Dulunya SCTV dan RCTI seperti saudara kembar, karena awalnya SCTV hanya menyiarkan tayangan RCTI yang tidak bisa disiarkan di surabaya.
  2. Saat ini SCTV berkembang sangat pesat, salah satu trobosan terbaru mereka adalah dengan diluncurkannya salah satu situs video berbagi terbesar di indonesia, bernama vidio.com (DTLD#1)
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner