January 23, 2017

Alasan Mengapa Berpendidikan Saja Tidak Cukup


Ini bukan soal permainan kata, namun tentang kedalaman makna. Sehari-hari, anda mungkin termasuk yang sering mendengar kalimat “dia orang berpendidikan” atau “saya harus menjadi orang berpendidikan”. Sepintas, kalimat tersebut tidak keliru. 

Tapi ada makna dangkal yang tidak diraih oleh orang berpendidikan ketimbang orang terdidik.

Menurut pendapat Anda, orang-orang dalam daftar koruptor di bawah ini BERPENDIDIKAN atau TERDIDIK


PERTAMA, berpendidikan jamak dimaknai sebagai jenjang pendidikan yang pernah dilalui. Berpendidikan, ya pernah melalui jenjang SD sampai Perguruan Tinggi. Berpendidikan sarat hubungannya dengan gelar atau jalur formal.

KEDUA, terdidik bermakna sesuatu yang sifatnya tidak bendawi. Seperti tingkat pencerahan yang diperoleh, adab, attitude atau skills. Orang terdidik, bisa jadi juga berpendidikan. Namun orang berpendidikan belum tentu terdidik (tercerahkan, beratitude dan terampil).

KETIGA, Bill Gates, Steve Jobs atau Mark Zuckerberg adalah orang-orang terididik namun tidak begitu berpendidikan. Jenjang perguruan tinggi mereka tidak tuntas. Namun mereka adalah orang-orang terdidik di bidangnya masing-masing. Bahkan juga mendidik (baca : mencerahkan) dunia melalui karyanya.

KEEMPAT, orang-orang berpendidikan, mencapai maqam atau tingkat pencerahan dengan berbagai cara yang biasanya random. Tidak sistematis seperti orang berpendidikan. Bisa dari pengalaman, perenungan, riset mandiri, coba-coba. Mereka punya jiwa inovasi dan tak pernah puas. Orang Jepang menyebutnya KAIZEN spirit. Semangat untuk lebih baik dan semakin sempurna. Islam mengajarkan, “hari ini harus lebih baik dar hari kemarin”.

KELIMA, salah satu element penting dalam hidup orang-orang terdidik adalah BUKU. Bill Gates dan Mark Zuckerberg misalnya, setiap tahun punya resolusi membaca buku. Orang berpendidikan, belum tentu raijn baca buku. Jikapun rajin baca buku, belum tentu nilai-nilai dari buku terseubt diaktualisasikan. Buktinya? Profesor dan doktor dan para sarjana, banyak yang koruptor. 

Berpendidikan dan menjadi terdidik sama-sama hal yang tidak mudah. Untuk berpendidikan, kamu harus mau mengikuti sistem dan menyiapkan uang. 

Sementara bila ingin terdidik, maka kamu harus membuka diri dari berbagai macam hal. Mulai dari pengalaman, pergaulan hingga hubungan. (DTLD#1)hamzahnasution9

Terdidik itu seperti parasut, akan berfungsi jika kamu membuka diri.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner