February 8, 2017

Sekilas Mengenai Fenomena "Keyboard Warrior"

Fenomena keyboard warrior akhir-akhir ini semakin menjamur di dunia sosial media, terutama di negara kita, Indonesia. Seperti yang ane kemukakan tadi, ada beberapa orang yang terlalu percaya dengan informasi yang tersebar di internet, seolah-olah itu memang 100% benar, dan rela mati-matian berjuang bermodalkan layar dan keyboard untuk membela apa yang mereka percaya.  Keyboard Warrior ? Keyboard warrior sendiri berasal dari Bahasa Inggris, yang merupakan gabungan dari dua suku kata; "keyboard" dan "warrior". Keyboard mewakili perangkat input dalam PC yang digunakan untuk mengekspresikan sesuatu, sementara warrior berarti petarung yang berjuang. 

Keyboard Warrior - theredpillnation.files.wordpress.com
Di sini kita bisa melihat makna secara global bahwa keyboard warrior berarti orang yang memperjuangkan sesuatu (ide, hal, konsep, dsb) melalui tulisan-tulisannya di dunia maya. Definisi ini sendiri masih dalam koridor netral. Problemnya adalah, kelakuan para keyboard warrior itu sendiri yang terkadang dapat menjadi super beringas. Mungkin saja karena ia di belakang layar, sehingga ia dapat bebas menggunakan kata-kata kasar untuk menjatuhkan lawannya. Lawan bicara tidak melihat kondisi dirinya, lantas ia merasa bebas melontarkan kata-kata yang cenderung menyakitkan. Apa sih ciri-ciri keyboard warrior ?

CIRI-CIRI KEYBOARD WARRIOR :

1. Ane yang paling benar!

Tiap kali mereka beropini, mereka selalu menganggap diri merekalah yang paling benar, tidak peduli apa yg orang lain pikir, pokoknya merekalah yang benar. emoticon-Marah

2. Sering menggunakan kata "mungkin", "katanya"
Karena opini mereka tidak didukung oleh fakta ilmiah, dan hanya berlandaskan pondasi wikipedia dan blogspot, mereka lebih banyak menggunakan mungkin dan katanya setiap kali mereka mengemukakan pendapat ataupun mengcounter pendapat orang lain. emoticon-Cape deeehh

3. Lebih suka debat kusir
Sebaiknya agan tidak perlu meladeni debat dengan keyboard warrior ini. Mereka tidak akan pernah mengakui agan benar, entah berapa banyak fakta ilmiah yang agan sertakan, mereka akan tetap menolak pendapat agan. Meladeni mereka hanya membuang-buang tenaga dan menambah dosa gan. emoticon-Hammer2

4.Jurus pamungkas: Capslock dan makian
Ini nih yang menjadi ciri paling menonjol dari para keyboard warrior. emoticon-Ngakak Ketika mereka merasa terpojok atau mulai tidak mampu mempertahankan opininya, mereka akan mulai menyalakan Capslock (kayak nulis judul skripsi aja emoticon-Leh Uga) dan memaki-maki orang yang tidak sependapat dengan mereka.

5. Hanya berani di keyboard, tapi enggak ada aksi nyata
Selain yang nomor 4 tadi, inilah ciri yang menurut ane paling ironis di antara ciri-ciri lainnya. Para keyboard warrior tidak berani bertemu dengan orang-orang yang sudah mereka maki di sosial media emoticon-Wakaka
Dan yang lebih parah lagi, opini-opini yang mereka suarakan di sosial media hanyalah untuk, yah, sosial media aja. Sementara di dunia nyata, mereka sendiri tidak menjalankan apa yang mereka sudah gembar-gemborkan di sosial media sebelumnya.

Ternyata ada juga efek positifnya jadi keyboard warrior, apa saja yaaaa....

1. Membuat orang termotivasi.
kadang kala kritik keras dari para keyboard warrior itu malah menjadi motivasi gan untuk menjadi lebih baik.

2. Membuat orang lebih teliti
Anda menjadi lebih teliti untuk bertindak ataupun sekedar membuat thread biar tidak gampang dicari kesalahannya

3. membuat orang tau kelemahan dirinya
kebanyakan keyboard warrior langsung menyerang kelemahan sang target hingga target pun sadar dan berbenah!

4. Melatih mental agan menjadi kuat
tiap hari agan di kasih kritik mau di baals ngga tau gimana jadinya agan belajar buat menghadapinya dan secara ngga langsung mental agan terasah menjadi pribadi yang kuat.

5. Mendapat banyak teman
karena agan sering di kritik akan mengundang simpati dari org yang menyemangati agan atau yang sama senasib gan. hal ini tentunya membuat agan menjadi lebih banyak relasi gan.

Negatifnya tentu juga ada seperti membuat mental seseorang down karena lontaran kata-kata dari keyboard warrior, menyebabkan konflik yang berkepanjangan, menyebabkan dunia maya menjadi tidak terkendali karena tidak ada batasan yang jelas. membuat rusuh dimana mana.dan sang warrior hanya di anggap sebagai seorang pengecut karena hanya berani di dunia maya.

Nah, fenomena ini sedang marak terjadi karena lemahnya UU ITE kita dimana banyak masyarakat yang bebas mengutarakan umpatan di social media. Indonesia ada yang namanya UU No. 11 Tahun 2008 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.

Perbuatan Yang Dilarang (Pasal 28 Ayat 1-2)

1. Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak menyebarkan berita bohong dan menyesatkan yang mengakibatkan kerugian konsumen dalam Transaksi Elektronik.
2. Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak menyebarkan informasi yang ditujukan untuk menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan individu dan/atau kelompok masyarakat tertentu berdasarkan atas suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA).

Sanksi (Pasal 45 Ayat 2)
Hukuman pidana penjara paling lama 6 (enam) tahun dan/atau denda paling banyak Rp.1.000.000.000,00 (satu miliar rupiah).

Perbuatan Yang Dilarang (Pasal 29)
Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak mengirimkan Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang berisi ancaman kekerasan atau menakut-nakuti yang ditujukan secara pribadi.

Sanksi (Pasal 45 ayat 3)
Hukuman pidana penjara paling lama 12 (dua belas) tahun dan/atau denda paling banyak Rp.2.000.000.000,00 (dua miliar rupiah). (TLD#1#21.B#6)gesundheit|jangkrik.mami

JADILAH KEYBOARD WARRIOR YANG BENAR, BUKAN MELAKUKAN PEMBENARAN HEHEHEHE
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner