March 25, 2017

6 Spot Terbaik Mengabadikan Moment Sunset di Tanah Sumatera


Pulau Sumatera atau dikenal pula dengan sebutan Andalas, merupakan pulau besar Indonesia yang secara geografis berada pada sisi paling Barat. Di Sumatera, terdapat banyak spot pilihan untuk berwisata baik dari segi wisata alam, kuliner, hingga budaya. Selain di pulau utamanya sendiri yang memanjang dari Barat Laut ke Tenggara, pulau-pulau kecil yang berada di sekitarnya juga tak kalah memberikan daya tarik. Bahkan masih terbilang banyak pulau-pulau disekitaran Pulau Sumatera yang masih perawan.

Keindahan kepulauan Sumatera sebagai kepulauan paling Barat Indonesia juga dapat dinikmati ketika senja tiba. Sinar mentari terakhir tiap harinya yang melalui Pertiwi akan melalui Kepulauan Sumatera ini dan memberikan sensasi menarik seolah menjadi salam perpisahan terindah. Ada banyak pilihan spot istimewa jika kalian pemburu senja untuk menikmati sunset dari Sumatera, dan 6 diantaranya akan kita ulas berikut.

1. Tak Ada Tempat Untuk Gelisah, Sunset Pulau Sikulai di Mentawai Hanya untuk Kalian yang Mencari Senang

Sunset Pantai Sikulai - caranoadventure.blogspot.co.id
Kepulauan Mentawai mungkin sudah tidak asing lagi bagi travelers. Kepulauan yang berada di sisi Barat Pulau Sumatera ini terkenal sebagai surganya wisata bahari milik Provinsi Sumatera Barat. Di kepulauan ini ada banyak spot indah yang bisa dipilih untuk menikmati lautan lepas dengan pantai berpasir putih. Salah satu yang bisa kalian pilih ialah Pulau Sikulai.

Pulau Sikulai secara administratif masuk dalam wilayah Kecamatan Bungus Teluk Kabung, Kota Padang. Jaraknya sekitar setengah mil laut dari Pusat Kota Padang dan dapat dicapai dari Dermaga Bungus atau dari Pelabuhan Muara dengan menggunakan kapal. Durasi pelayarannya sendiri ialah sekitar 30 hingga 45 menit.

Keindahan pulau yang memiliki luas 44 hektar ini ialah dari pantai berpasir putihnya yang luas bertemu dengan laut biru khas Samudera Hindia. Kawasan hijau di dalam pulau juga sangat alami sehingga nampak kesan tropis yang kuat.

Dengan kondisi pulau dan lautnya yang masih terbilang alami tersebut membuat kawasan pulau ini sering dijadikan spot untuk Snorkeling. Pesona bawah laut dari Sikulai yang dipenuhi biota laut yang beragamlah yang menjadikan aktivitas snorkeling menjadi menyenangkan.

Ketika sore mulai berjalan, maka keindahan sunset menjadi daya pikat utama untuk dinikmati para pengunjung. Ada banyak pilihan spot untuk melihat dan memotret sunset dari Pulau Sikulai ini, baik dari atas pasir pantainya ataupun kalian juga bisa naik ke atas bukit di tepi pantai. Untuk menuju puncak bukit, sudah tersedia tangga yang harus didaki sekitar 30 menit. Meskipun cukup melelahkan, keindahan sunset dari atas bukit akan membuat lupa segala kelelahan yang terasa.

2. Dari Atas Ketinggian, Memotret Sunset dari Bukit Langkisau Ibarat Memotret Mahakarya Alam

Bukit Langkisau Kala Senja - twitter.com/kelilingminang
Masih di Tanah Minang, kali ini kita menuju Kabupaten Pesisir Selatan, sekitar 82 km dari Pusat Kota Padang. Bukit Langkisau, begitulah lokasi menawan yang berada di Painan, Ibukota Kabupaten Pesisir Selatan. Bukit yang merupakan salah satu jajaran Bukit Barisan ini menjadi spot yang populer dikunjungi terutama untuk melihat sunset.

Menuju Bukit Langkisau kini bukan hal sulit karena sudah dibuat akses yang bisa dilalui mobil. Perjalanan menanjak akan dipadu pula dengan kelok-kelok yang khas perbukitan. Namun sesampainya di titik terakhir kendaraan, pengunjung masih harus berjalan kaki lagi dengan menaiki sekitar 50 anak tangga. Barulah akan tiba di atas puncak dan melihat luas pemandangan lanskap alam didepan mata.

Dari atas bukit setinggi sekitar 400 mdpl tersebut, pantai dan lautan lepas nampak tersuguh cantik memanjakan mata. Di sisi lain, nampak juga pemandangan kota serta hijaunya lahan khas daerah tropis. Keindahan ini akan semakin lengkap ketika senja dimana saat-saat matahari yang akan kembali ke peraduannya nampak menyuguhkan mahakarya berupa semburat jingga yang mempesona. Dari atas bukit, luasnya pemandangan membuat sunset dan cahayanya ibarat tiada yang mampu membatasi pesonanya. Tak salah jika di sini menjadi spot favorit berkumpul sekaligus tempat terbaik untuk memotret sunset.

3. Kepulauan Mursala di Tapanuli Tengah Siap Menjamu Dengan Senja yang Istimewa

Sore di Murasala - Tribun Medan-Silfa Humairah
Pesona alam Sumatera Utara, tidak sekedar Danau Toba. Provinsi berpenduduk terbanyak di Sumatera ini juga memiliki keindahan bahari dari kepulauan yang ada di sekitarnya. Memang masih banyak yang belum dikenal luas, padahal keindahan yang dimilikinya tidak bisa dipandang sebelah mata, salah satunya ialah Kepulauan Mursali yang masuk dalam wilayah Kabupaten Tapanuli Tengah.

Kepulauan Mursula terdiri dari gugusan pulau-pulau dan yang terbesar bernama Pulau Mursula. Kepulauan ini sudah cukup terkenal sebagai lokasi wisata bagi warga Sumatera Utara termasuk dari Kota Medan. Padahal untuk menuju lokasi ini dengan jalur darat dari Kota Medan bisa mencapai waktu 10 jam lebih, apalagi saat liburan kemacetan tidak bisa dihindarkan di kawasan Tapanuli.

Meskipun cukup memakan waktu, nyatanya tetap saja Kepualuan Mursula tak kehilangan pesona. Keindahan yang dimilikinya berhasil menyedot banyak perhatian wisatawan. Kejernihan dan birunya lautan lepas berpadu dengan pulau-pulau yang masih alami menjadikan pemgunjung merasa sangat nyaman dalam berlibur. Beberapa pulau yang paling mempesona ialah Pulau Kalimantung, Pulau Bakar, dan Pulau Putri. Pasir pantai dan eksotismenya saat senja menjadikan pulau ini tak kalah menawannya dengan pulau-pulau wisata lain di Indonesia. Apalagi jika di hari biasa, sangat sedikit wisatawan yang datang sehingga membuatnya seolah menjadi pulau pribadi bagi siapa saja yang datang.

Menyewa kapal untuk seharian di kepulauan Mursala memang tidak murah, namun jika kalian datang berombongan belasan hingga 20an orang, maka dijamin harga tersebut sudah sangat murah.

Pesona senja yang dimiliki dari Kepulauan Mursala adalah hal yang tak boleh terlewatkan. Dari pulau manapun yang kalian pilih, siap menyuguhkan cantiknya cahaya senja dari sunset. Memotret sunset pun menjadi kegiatan yang tak akan terpuaskan karena terus dan terus pesonanya semakin menjadi hingga mentari benar-benar tenggelam.

4. Tak Hanya Soal Alam, Kemegahan Masjid An Nur di Pekanbaru pun Siap Menyuguhkan Pesona Senja yang Menawan

Masjid Agung An Nur Pekanbaru - suzannita.com
Jika sebelumnya kita bisa melihat senja di nuansa alam terbuka dengan berbagai pilihan lanskapnya, maka suguhan senja berpadu bentuk arsitektur dari bangunan juga bisa menjadi pilihan untuk memberi pengalaman lain. Pilihan lokasi yang istimewa untuk melihat sunset tersebut salah satunya ialah di Pekanbaru yaitu di Masjid Agung An Nur.

Masjid terbesar di Pekanbaru ini digadang-gadang sebagai Taj Mahalnya Indonesia. Hal ini karena bentuk arsitekturnya yang mirip. Apalagi bagi pecinta fotografi, ketika sore hari matahari akan bergulir ke sisi belakang masjid sehingga menimbulkan siluet bagi masjid itu sendiri serta cahaya jingga yang akan menjadi latarnya.

Kemegahan dan keanggunan masjid yang bersebelahan dengan Gereja HKBP ini disaat sore hari memang berhasil menyedot kunjungan. Tak khayal, selain sebagai tempat ibadah banyak pula yang datang untuk sekedar rekreasi dan wisata.

Masjid An Nur sendiri sudah dibangun tahun 1964, namun bentuknya yang semegah saat ini merupakan hasil renovasi besar di tahun 2002 silam. Saat ini, fasilitas di area masjid sangat lengkap meliputi Islamic Centre, Perpustakaan, Aula, dan taman-taman yang mengelilingi bangunannya.

5. Danau Kerinci, Keindahan Sunset yang Sangat Terperinci

Suasana senja di Danau Kerinci - twitter,com/jalanjalanbro
Sebagian besar kita tentu sudah mengenal Kerinci. Kabupaten di Provinsi Jambi ini memiliki sejuta pesona, apalagi lokasinya di dataran tinggi dengan Gunung Kerinci sebagai puncak tertingginya menjadikan Kerinci diberkahi oleh kekayaan alam yang melimpah.

Danau Kerinci menjadi satu diantara berkah alam yang Tuhan berikan di Bumi Kerinci. Danau ini tidak sekedar sebuah perairan luas namun lebih dari itu karena latar pegunungan yang nampak berlapis mengelilinginya. Gunung Raya dan Gunung Kerinci menjadi latar utama yang membuat pesona Danau Kerinci semakin terpancar. Aktivitas warga di atas perairan juga menambah sensasi dari danau seluas 4.200 meter persegi tersebut.

Banyak hal yang bisa dilakukan di danau yang berada di ketinggian 783 mdpl ini, seperti memancing, berperahu, berkemah, atau sekedar bersantai di tepi danau. Apalagi ada banyak rumah makan yang tersedia sehingga tidak perlu merasa khawatir kelaparan.

Dikala senja tiba, pemandangan lanskap Danau Kerinci semakin terpancar sebagaimana terpancarnya cahaya jingga dari mentari. Sunset yang disuguhkan seolah bersiap kembali keperaduan yang berada di balik perbukitan. Pantulan cahaya di atas air juga menjadikan nuansa dramatis lebih terasa. Bagi pecinta fotografi, memotret sunset dari Danau Kerinci adalah kesempatan emas menghasilkan karya foto yang memukau terutama saat cuaca cerah.

Jika kalian tertarik datang ke Danau Kerinci, dari Jambi bisa langsung menuju Sungai Penuh yang berjarak 16 km dari lokasi danau. Jarak Kota Jambi ke Sungai penuh memang cukup jauh yaitu sekitar 10-11 jam perjalanan mobil. Apabila tidak membawa kendaraan pribadi, bisa menggunakan jasa travel reguler.

6. Keindahan Senja Terakhir dari Sumatera yang Disajikan oleh Pantai Lampuuk Aceh

Pantai Lampuuk Aceh
Bicara Aceh maka tak bisa dilepaskan dari pantai-pantainya. Lokasi provinsi terbarat Indonesia ini yang berada diujung pulau membuatnya dilalui oleh garis pantai yang panjang. Banyak pantai yang bisa dijumpai dengan karakter yang berbeda-beda, salah satunya pantai yang masih satu garis dengan pantai Lhoknga, yaitu Pantai Lampuuk.

Pantai Lampuuk berada di Kecamatan Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar. Secara geografis lokasi pantai ini berada di sisi paling Barat daratan Aceh, sehingga dapat dikatakan pula sebagai penutup senja dari Bumi Nusantara.

Keunikan dari Pantai Lampuuk ialah garis pantainya yang memanjang serta barisan perbukitan di sekitarnya. Pemandangan cantik tersebut didukung pula oleh birunya lautan serta buih putih gelombang yang membuatnya semakin mempesona. Keindahan-keindahan yang dimiliki Pantai Lampuuk inilah yang akhirnya membuat pantai ini sangat digemari oleh wisatawan.

Banyak kegiatan pula yang bisa dilakukan di pantai ini, dari mulai olahraga air seperti berselancar, snorkeling, banana boat, atau hanya sekedar bersantai di atas pasir pantai. Bahkan di lokasi Babah dua terdapat penangkaran penyu yang bisa dijadikan pilihan untuk berwisata edukasi. Namun dari kesemuanya, ada satu lagi yang tak boleh dilewatkan begitu saja yaitu pesona senja yang siap memukau mata.

Pesona sunset dari Pantai Lampuuk memang berhasil menghipnotis penikmatnya. Hal ini tidak terlepas dari perbukitan yang nampak menjorok membentuk tanjung kecil. Dengan latar itulah, memotret sunset di Pantai Lampuuk akan memberikan kesan yang lebih dramatis. (TLD#1)
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner