March 4, 2017

Content Marketing, Trobosan Menarik Dalam Membuat Konten


Pekerjaan content marketer tidaklah pernah selesai, Secara terus-menerus kami meng-update dan mengoptimalisasikan strategi-startegi berdasarkan hal-hal baru, observasi, wawasan, dan teknologi.

Keharusan Membuat Konten

Dalam industri kita sekarang, content marketing sudah menjadi sebuah hal yang wajib dimiliki, bukan sekedar bagus untuk dimiliki saja. Content Marketing dipercaya menjadi cara paling efektif untuk menyampaikan pesan dengan lebih melibatkan konsumen yang kualifikasinya sesuai untuk brand, sehingga bisa mendorong brand awareness, dan meningkatkan penjualan dibandingkan dengan metode beriklan yang biasa.

Konten ini menjadi kekuatan dari customer experience, hal ini tidak terpisahkan dalam membangun hubungan yang bermakna dengan pelanggan. Menurut studi mengenai Meaningful Brands yang dilakukan oleh Havas Group pada tahun 2017, sebanyak 84% orang mengharapkan brand untuk memproduksi konten. Namun sayangnya sebanyak 60% dari konten yang dibuat oleh brand hasilnya jelek, tidak relevan, dan gagal untuk menyampaikan pesan.

Bagaimana Konten Bisa Menggiring Value

Brand harus fokus dalam membuat konten yang sejalan dengan konsumen, dan menghibur, melibatkan, serta memberi informasi untuk mereka.

Kami melihat content marketing sebagai kesempatan untuk menyampaikan user value dalam setiap interaksi. Tapi harus diingat juga, konten yang dibuat harus bernilai bagi brand dan konsumen sekaligus. Biasanya brand lebih banyak bicara soal produknya saja, sementara konsumen tidak mau mendengar 'jualan' terus-menerus. Konten Anda akan lebih efektif jika mengangkat topik yang Anda kuasai.

Sebagai contoh, value yang bisa diberikan dalam konten misalnya informasi, tips, hiburan, dan lainnya.

Salah satu contoh konten dengan value yang memberikan tips bagi konsumen bisa dilihat pada thread berikut. Thread ini membahas mengenai cara menyiasati uang THR agar bisa mencukupi kebutuhan kosumen di hari raya. Misalnya salah satunya adalah keinginan untuk memiliki ponsel baru yang bisa terpenuhi dengan mengikuti campaign 4Ginaja yang digelar oleh Smartfren.

Konten yang menghibur menjadi salah satu konten yang mudah diterima. Misalnya saja thread ini. Pada thread tersebut brand awareness dibangun dengan memperkenalkan seorang ikon wanita cantik, yang merupakan tema yang sangat mudah diterima oleh Konsumen


Konten tidak selalu dalam bentuk postingan. Contoh di KASKUS, konten bisa berwujud macam-macam, seperti video, grafis bergerak, infografis, gambar, posting-an di sosial media, email newsletters, event, dan masih banyak lagi.

KASKUS sudah melakukannya, secara satu persatu maupun terintegrasi. Misalnya saja content marketing yang dibuat dalam bentuk thread, thread yang di-posting bisa melalui berbagai channel promosi, mulai dari promosi di website KASKUS itu sendiri (seperti Hot Thread, Top Thread) sampai promosi di berbagai channel sosial media KASKUS (facebook, twitter, instagram).


Gambar bisa berupa infografis, sehingga konsumen merasa diberi sebuah informasi, meskipun 'terselip jualan' di dalamnya.

NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner