March 29, 2017

Film Animasi Terbaik Sepanjang Masa


Film animasi adalah salah satu hal unik dari dunia perfilman di masa kini. Film animasi merupakan rangkaian animasi gambar dari hasil buatan di komputer, bisa berupa animasi 3-D atau animasi 2-D (kartun). Sejak awal abad 20, film animasi terus berkembang terutama sejak awal kemunculan film animasi yang dipelopori Walt Disney. Banyak rumah produksi yang terkenal dengan film animasinya, seperti Pixar, Disney, Dream Works dan lain-lain.

Film animasi memungkingkan pembuatan film dengan skenario dan adegan yang tidak mungkin diperankan oleh manusia, seperti hewan berbicara, mainan bergerak atau hal-hal lainnya yang tidak mungkin dilakukan. Dari ribuan bahkan mungkin jutaan film animasi yang telah beredar, ada beberapa film animasi yang mungkin dikategorikan yang terbaik. Kategori yang dinilai antara lain jalan cerita, konsep film, tokoh dan karakter, hingga kualitas gambar dan animasi itu sendiri.

1. Wall E (2008)
Salah satu scene Wall-E
Wall E adalah film animasi produksi Pixar pada tahun 2008 lalu. Wall E mengambil setting di masa depan, tepatnya di tahun 2805 di mana Bumi sudah lama tidak layak huni sehingga semua manusia tinggal di pesawat luar angkasa bernama Axion. Namun inti cerita berpusat pada sebuah robot pembersih sampah di Bumi bernama Wall E yang jatuh cinta pada robot bernama Eve yang dikirim ke Bumi untuk memeriksa tanda-tanda kehidupan di sana. Film animasi ini memang memiliki konsep yang unik, selain jalan cerita yang lain dari yang lain. Film ini juga sangat minim dialog dan lebih mengandalkan body language. Bahkan di hampir 45 menit pertama film nyaris tak ada dialog sama sekali. Maklum saja, dua tokoh utama dalam film ini (Wall E dan Eve) adalah robot yang minim bicara. Namun hal itu tak mengurangi mutu film dan malah menjadikan film ini menjadi semakin menarik. Wall E bahkan dinobatkan sebagai best movie of decade oleh Time.

2. Spirited Away (2001)
Spirit Away - tradyouth.org
Spirited Away atau sen to chihiro no kamikakushi adalah film tahun 2001 yang di sutradarai anime & manga jepang hayao miyazaki yang di buat di studio Ghibli. Spirited Away di rilis di jepang pada juli 2001, menarik penonton sekitar 23 juta dan meraup pendapatan 30 milier yen, mengalahkan Titanic untuk menjadi film tersukses dalam sejarah jepang.

3. UP (2009)
Film UP&UP
Satu lagi film animasi dengan konsep yang unik dan menarik. Up yang diluncurkan pada tahun 2009 bercerita tentang seorang kakek tua bernama Carl Fredericksen yang bercita-cita untuk pergi berpetualang ke air terjun Paradise Falls. Ia pun pergi ke Paradise Falls dengan rumah terbang yang ia anggap sebagai pengganti istrinya yang telah meninggal, Ellie. Tapi tanpa sengaja seorang bocah Pramuka bernama Russell ikut dalam petualangan tersebut. Perbedaan karakter antara Carl sebagai kakek tua keras kepala dan Russell yang lugu dan polos menjadi daya tarik film animasi yang satu ini.

4. Toy Story Series
Toy Story
Pernahkah anda melihat sebuah mainan lalu tiba-tiba bergerak sendiri? Mungkin hal semacam itu hanya ada di film animasi Toy Story. Film ini mengisahkan tentang mainan-mainan yang ternyata 'hidup' jika tidak ada manusia di sekelilingnya. Cerita berpusat pada petualangan Woody, sebuah mainan koboi dan Buzz Lightyear, sebuah mainan pahlawan luar angkasa, serta mainan-mainan lain yang menjadi milik seorang anak bernama Andy. Toy Story sangat sukses sehingga telah dibuatkan 3 seri, yaitu Toy Story (1995), Toy Story 2 (1999), dan Toy Story 3 (2010) sebagai penutup seri Toy Story.

5. Monster Inc
Monster Inc
Monster Inc adalah film animasi keluaran Pixar yang bercerita tentang kehidupan di Monster City, di mana kota tersebut mengandalkan jeritan anak manusia untuk memenuhi energi di seluruh kota. Oleh karena itu para monster pilihan bertugas untuk menakuti anak-anak di dunia manusia lewat sebuah pintu paralel yang menghubungkan para monster ke kamar mereka. Cerita berpusat pada 2 monster bernama Jake Sullivan dan Mike Wazawski yang secara tak sengaja menemukan seorang anak manusia yang tersesat di Monster City. Di tahun 2013 ini, sekuel film ini, Monster University yang akan siap hadir di bioskop tahun 2013.

6. Finding Nemo
Finding Nemo
Film animasi Finding Nemo adalah film yang menceritakan tentang kehidupan makhluk hidup di lautan. Finding Nemo berkisah tentang perjalanan seekor ikan badut bernama Marlin dalam mencari anaknya, Nemo yang tertangkap oleh jala penyelam. Marlin bersama ikan bernama Dory kemudian menempuh perjalanan lebih dari 1500 mil menuju Sidney, Australia untuk menyelamatkan Nemo. Selama perjalanan, Nemo dan Dory menghadapi banyak rintangan yang menghadang mereka.

7. Ice Age Series
Film Ice Age
Mengambil setting di zaman es jutaan tahun lalu adalah trademark dari film animasi Ice Age. Ice Age bercerita tentang petualangan Manny (mammoth), Sid (kukang) dan Diego (singa) dalam bertahan hidup di zaman es. Ice Age menuai kesuksesan yang cukup besar. Total sudah ada 4 sekuel film ini yang dirilis yaitu Ice Age, Ice Age 2 The Meltdown, Ice Age 3 Dawn of Dinosaurs, dan Ice Age 4 Continental Drift.

8. How To Train Your Dragon
Film How To Train Your Dragon - srcdn.com
How To Train Your Dragon adalah film animasi keluaran Dream Works yang dirilis pada tahun 2010 lalu. Film ini menceritakan tentang bangsa Viking yang hidup dengan memerangi dan membunuh naga (dragon). Namun seorang anak bernama Hiccup malah memelihara dan berteman dengan naga jenis Night Fury, naga yang konon paling berbahaya. Pertemanan antara keduanya pun kemudian menjadi akar dari masalah yang lebih besar. How To Train Your Dragon juga memunculkan gambar animasi yang halus serta menyajikan ketegangan di bagian akhir film.

9. Megamind
Megamind - alicdn.com
Jika biasanya tokoh utama adalah superhero atau orang baik, maka di Megamind, tokoh utamanya adalah seorang villain alias penjahat. Film ini bercerita tentang seorang penjahat yang super jenius bernama Megamind dan seorang ikan robot, Minion, dalam upaya mengalahkan superhero Metro Man dan menguasai Metro City. Keduanya kemudian berhasil memenuhi misi mereka, namun justru terjebak dalam masalah yang lebih besar lagi. Megamind menyajikan kisah yang lucu, seru dan juga menegangkan.

10. Despicable Me
Despicable Me - klimg.com
Film animasi keluaran Universal Studio ini dirilis pada tahun 2010. Despicable Me berkisah tentang persaingan penjahat untuk melakukan pencurian terhadap tempat-tempat terkenal dunia seperti Piramida. Tokoh utama dalam Despicable Me bernama Gru, namun yang menjadi daya tarik utama adalah para minion kuning yang kerap bertingkah konyol. Despicable Me menyajikan komedi yang bakal membuat penonton tertawa.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner