March 8, 2017

Pertumbuhan Pesat Ekonomi Digital Indonesia

Dalam ekonomi suatu negara idealnya setiap periode atau setiap tahunnya harus mengalami pertumbuhan nilai yang tentu akan membuat perekonomian dari negara tersebut baik dan para investor tidak takut untuk menanamkan modalnya dinegara tersebut.  Pertumbuhan Pesat Ekonomi Digital Indonesia, sebenarnya apa defisini dari pertumbuhan ekonomi ? Menurut kutipan dari Wikipedia proses perubahan kondisi perekonomian suatu negara secara berkesinambungan menuju keadaan yang lebih baik selama periode tertentu. Pertumbuhan ekonomi dapat diartikan juga sebagai proses kenaikan kapasitas produksi suatu perekonomian yang diwujudkan dalam bentuk kenaikan pendapatan nasional. Adanya pertumbuhan ekonomi merupakan indikasi keberhasilan pembangunan ekonomi.

Ekonomi Digital Indonesia - denaihati.com.my
Indonesia dalam beberapa tahun mengalami yang namanya pertumbuhan ekonomi digital dan bisa jadi ekonomi digital ini sebagai tulang punggung perekonomian nasional seperti berita yang dimuat di Kominfo, Ada juga data statistik tentang proyeksi pertumbuhan ekonomi pada tahun 2017 yang disajikan oleh Katadata.co.id  :



Dari data proyeksi indonesia dalam angka tentang pertumbuhan ekonomi disebutkan bahwa ekonomi Indonesia Tumbuh 5 Persen, beberapa lembaga keuangan internasional juga memproyeksikan ekonomi Indonesia pada 2017 bakal tumbuh di atas 5 persen. Berita bagus untuk perekonomian indonesia karena mengalami pertumbuhan sebesar 5 persen.


Terlepas dari pertumbuhan ekonomi 5 persen tersebut, ada beberapa perusahaan startup yang berada di Negara Indonesia yang meramaikan ekonomi digital indonesia yang tentu banyak menyumbangkan pertumbuhan perekonomian bagi Negara Indonesia. Faktor apa saja dapat mempengaruhi pertumbuhan ekonomi ? Secara umum ada 4 yaitu sumber daya manusia, sumber daya alam, ilmu pengetahunan & teknologi, budaya dan modal. Statistik indonesia yang dikelola oleh katadata.co.id mengulas beberapa perusahaan startup yang baik untuk sumber daya manusia yang ada di Negara Indonesia :


Dapat dilihat ada 8 perusahaan yang memiliki prospek yang bagus bagi sumber daya manusia khususnya yang berapa di Negara Indonesia yaitu :
  1. Sale Stock Indonesia
  2. Blibli
  3. Tokopedia
  4. Traveloka
  5. Matahari Mall
  6. Gojek
  7. Kreatif Media Karya
  8. Lazada
Tentu dari data statistik tersebut dapat menjadi acuan bagi para karyawan yang mengajukan lowongan pekerjaan. Sebenarnya masih banyak perusahaan yang bergerak khususnya dalam bidang E-Commerce (Toko Online) selain 8 perusahaan startup yang disebutkan pada data diatas. Potensi industri E-Commerce (Toko Online) di Indonesia memang tidak dapat dipandang sebelah mata. Dari data analisis Ernst & Young, dapat dilihat pertumbuhan nilai penjualan bisnis online di tanah air setiap tahun meningkat 40 persen. Ada sekitar 93,4 juta pengguna internet dan 71 juta pengguna perangkat telepon pintar di Indonesia. 

Tidak hanya untuk keperluan mencari informasi dan chattingan semata namun untuk di kota-kota besar menjadikan internet ladang pengeluaran keuangan melalui E-Commerce (Toko Online). Perilaku dari masyarakat inilah yang membuat para perusahaan startup E-Commerce di Indonesia bertahan dan berkembang dengan pesat. Platform yang dipakai untuk E-Commerce sangat beraneka ragam mulai dari website, instagram dan dirasa untuk layanan chat LINE yang berasal dari Jepang ini rupanya sedang mengembangkan layanan yang pada awalnya hanya chatting berkembang ke E-Commerce itu dibuktikan dengan didukungnya bagi anda yang ingin membuka toko pada layanan chatting LINE.

Pertumbuhan yang sangat pesat untuk ekonomi digital di Indonesia dari mulai UKM hingga startup E-Commerce yang terus menguasai pasar Indonesia dan berkembang dengan cepat hingga bisa diproyeksikan Indonesia menjadi pasar yang potensial bagi para perusahaan E-Commerce, bagaimana tidak ? membeli melalui internet sudah menjadi sebuah kebiasaan dan akan terus menyebar sampai ke seluruh Indonesia.

Referensi : 
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner