May 15, 2017

Cara Mencegah Serangan Virus Ransomware "WannaCry"

Trend Micro menyampaikan penjelasan yang komprehensif mengenai "ransomware" guna menggugah kesadaran seluruh pengguna akan potensi bahaya yang dapat ditimbulkannya. Meskipun permasalahan ransomware bukanlah hal yang baru lagi, namun faktanya banyak pengguna yang masih saja kebobolan dan menjadi korban tanpa mereka sadari.

Gambaran ancaman dari virus ransomware - gridisoft.com
Awal mula kemunculan ransomware mulai terendus pertama kali di Rusia antara tahun 2005-2006. Di fase-fase awal kemunculannya ransomware beraksi dengan cara membajak file-file milik pengguna dengan cara melakukan pencarian file-file dengan ekstensi tertentu, kemudian mengompresi filenya menjadi file zip, lalu menimpa ke file aslinya dengan file yang telah terkompresi tersebut yang telah dimuati ransomware. Anda dapat membaca mengenai informasi virus Ransomware di Mari Mengenal Virus Ransomware pada kesempatan kali ini kami memberikan cara mencegah serangan virus Ransomware yang ramai pada beberapa hari ini yang menghebohkan dan membuat kuatir masyarakat dunia, berikut cara mencegahnya yang dipublikasukan oleh Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika telah merumuskan langkah-langkah pencegahan infeksi ransomware WannaCry. Selengkapnya bisa dilihat di bawah:

  1. Cabut sambungan LAN dan matikan Wi-Fi komputer untuk mencegah infeksi.
  2. Update sekuriti Windows dengan memasang patch MS17-010 yang dapat diperoleh di tautan berikut. Pengguna Windows XP disarankan agar mengganti sistem operasi ke versi yang lebih baru karena OS lawas ini sudah tidak mendapat dukungan patch sekuriti dari Microsoft.
  3. Jangan mengaktifkan fungsi macros
  4. Non aktifkan fungsi SMB v1.
  5. Blokir port 139/445 dan 3389.
  6. Perbarui software anti-virus dan anti-ransomware.
  7. Selalu backup file penting di komputer dan simpan di tempat lain, jika memungkinkan di storage yang tidak terhubung ke jaringan atau internet.

Langkah-langkah di atas jika dirasa tidak dapat dilakukan sendiri, Anda bisa meminta bantuan rekan yang mengerti atau ke tim TI kantor.

Update: Dalam rangka ikut memerangi penyebaran ransomware WannaCry, Microsoft telah merilis patch khusus untuk Windows XP, Windows Server 2003, dan Windows 8 yang bisa diunduh di tautan berikut. Informasi selengkapnya bisa dilihat di laman ini.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner